Saturday, December 24, 2011

strategi penetapan harga

 Harga merupakan satuan moneter atau ukuran lainnya (termasuk barang dan jasa) yang ditukarkan agar memperoleh hak kepemilikan atau penggunaan suatu barang atau jasa
Faktor – factor yang mempengaruhi tingkat harga
·       Kurva permintaan : kurva yg menunjukan tingkat pembelian pasar pada berbagai harga. Kurva tersebut menjumlahkan reaksi berbagai individu yg memiliki kepekaan pasar yang beragam
·       Biaya : biaya merupakan factor penting dalam menentukan harga minimal yang harus ditetapkan agar perusahaan tidak mengalami kerugian
·       Persaingan : persaingan dalam satu industri dapat di analisis dengan berbagi factor seperti jumlah perusahaan dalam industry, ukuran relative setia perusahaan, diferensiasi produk, kemudahan untuk masukdalam industry
·       Pelanggan : permintaan pelanggan berdasarkan beberapa factor yg terkait dan bahkan seringkali sulit memperkirakan hubungan antaf farktor secara akurat.
Model dasar penentuan harga dalam perusahaan
Penentuan harga dalam perusahaan didasarkan antara lain oleh bentuk pasar . berikut ini asumsi dari suatu model perusahaan yaitu :
·       Peranan terhadap harga
·       Jumlah penjual
·       Yang mendasari banyak penjual
·       Kondisi ongkos
·       Banyak pembeli
·       Kondisi permintan
·       Fungsi tujuan
·       Variable strategic
·       Harapan revisi dari pesaingnya 

Daur Hidup Produk

Siklus hidup produk adalah suatu konsep penting yang memberikan pemahaman tentang dinamika kompetitif suatu produk

Peranan Daur Hidup Produk dalam Strategi Pemasaran
Daur hidup produk dapat memberikan indikasi tentang perkembangan suatu produk yang dapat diterima oleh konsumen. Ukuran yang menunjukkan perkembangan tersebut adalah tingkat penjualan produk, di samping juga tingkat keuntungan. Daur hidup produk yang dapat dilalui oleh suatu produk secara normal meliputi empat tahap, yaitu tahap perkenalan, tahap pertumbuhan, tahap kedewasaan, dan tahap penurunan.
Atas dasar kondisi pada masing-masing tahap tersebut perusahaan dapat menyusun strategi pemasaran yang sesuai. Perbedaan setiap tahap dalam daur hidup produk itu memerlukan strategi pemasaran yang berbeda pula. Strategi pemasaran yang dikembangkan didasarkan pada variabel bauran pemasaran dengan penekanan khusus pada salah satu variabel tertentu. Pada tahap perkenalan lebih diutamakan promosi, pada tahap pertumbuhan lebih diutamakan distribusi, pada tahap kedewasaan lebih diutamakan harga, dan pada tahap penurunan lebih diutamakan pengurangan biaya.

1. Tahap perkenalan (introduction).
pada tahap ini, barang mulai dipasarkan dalam jumlah yang besar walaupun volume penjualannya belum tinggi. Barang yang di jual umumnya barang baru (betul-betul baru) Karena masih berada pada tahap permulaan, biasanya ongkos yang dikeluarkan tinggi terutama biaya periklanan. Promosi yang dilakukan memang harus agfesif dan menitikberatkan pada merek penjual. Di samping itu distribusi barang tersebut masih terbatas dan laba yang diperoleh masih rendah.

2. Tahap pertumbuhan (growth).
Dalam tahap pertumbuhan ini, penjualan dan laba akan meningkat dengan cepat. Karena permintaan sudah sangat meningkat dan masyarakat sudah mengenal barang bersangkutan, maka usaha promosi yang dilakukan oleh perusahaan tidak seagresif tahap sebelumnya. Di sini pesaing sudah mulai memasuki pasar sehingga persaingan menjadi lebih ketat. Cara lain yang dapat dilakukan untuk memperluas dan meningkatkan distribusinya adalah dengan menurunkan harga jualnya.

3. Tahap kedewasaan (maturity)
Pada tahap kedewasaan ini kita dapat melihat bahwa penjualan masih meningkat dan pada tahap berikutnya tetap. Dalam tahap ini, laba produsen maupun laba pengecer mulai turun. Persaingan harga menjadi sangat tajam sehingga perusahaan perlu memperkenalkan produknya dengan model yang baru. Pada tahap kedewasaan ini, usaha periklanan biasanya mulai ditingkatkan lagi untuk menghadapi persaingan.

4. Tahap kemunduran (decline)
Hampir semua jenis barang yang dihasilkan oleh perusahaan selalu mengalami kekunoan atau keusangan dan harus di ganti dengan barang yang baru. Dalam tahap ini, barang baru harus sudah dipasarkan untuk menggantikan barang lama yang sudah kuno. Meskipun jumlah pesaing sudah berkurang tetapi pengawasan biaya menjadi sangat penting karena permintaan sudah jauh menurun.Apabila barang yang lama tidak segera ditinggalkan tanpa mengganti dengan barang baru, maka perusahaan hanya dapat beroperasi pada pasar tertentu yang sangat terbatas' 

Friday, December 23, 2011

Pengelolaan Produk dan Pengembangan Produk Baru

Arti Produksi
            Produksi adalah segala sesuatu yg dapat di tawarkan kepada pasar untuk di perhatikan di miliki, di gunakan / di konsumsi sehingga memuaskan keinginan atau kebutuhan
Produksi bagi Konsumen
Produk – produk  yang di konsumsi untuk kepentingan konsumen (akhir) dan keluarganya sendiri
Konsep Barang dan Jasa dalam Pemasaran
            Konsep barang dan jasa dalam pemasaran tidak akan lepas dari perencanaan, arahan, atau acuan gerak langkah perusahaan untuk mencapai suatu tujuan. Inilah langka-langkah yang harus di lakukan dalam membuat konsep barang dan jasa

Langkah – langkah barang dan jasa dalam pemasaran 
1.    Penentuan kebutuhan dan keinginan pelanggan
2.    Memilih pasaran secara khusus
3.    Menempatkan strategi pemasaran dalam persaingan
4.    Pemilihan strategi pemasaran

Pendekatan dalam meneliti perilaku konsumen
Terdapat tiga pendekatan utama dalam peneliti perilaku konsumen :
1.    Pendekatan interperatif 
2.    pendekatan tradisional yang didasari pada teori dan metode dari ilmu psikologi kognitif
3.   sains marketing yang didasari pada teori dan metode dari ilmu ekonomi dan statistika
srategi pemasaran produk konsumen dan produk industrial
            Strategi adalah serangkaian rancangan besar yang menggambarkan bagaimana sebuah perusahaan harus beroperasi untuk mencapai tujuannya.



Strategi pemasaran ini dipengaruhi oleh faktor-faktor sebagai berikut :
1.    Faktor mikro, yaitu perantara pemasaran, pemasok, pesaing dan masyarakat
2.    Faktor makro, yaitu demografi/ekonomi, politik/hukum, teknologi/fisik dan sosial/budaya.

Produk Baru
Pengertian produk baru adalah produk yang benar benar baru masuk ke pasar (new chemical entity) dan produk tiruan atau jiplakan (me too).
Mengapa harus ada produk baru ?
Dari pertanyaan di atas bisa di tarik kesimpulan bahwa
1.    Konsumen butuh akan barang yg mereka inginkan
2.    Konsumen mencari produk yang baru dan berkualitas tinggi
3.    Adanya persaingan bisnis membuat perusahaan harus selalu putar otak untuk membuat produk produk baru 

Thursday, December 22, 2011

Segmentasi Pasar, Penentuan Pasar dan Pemosisian Pasar


Segmentasi Pasar adalah sebuah metode bagaimana memandang pasar secara kreatif. Segmentasi pasar sangatlah penting di dalam bisnis dan pemasaran. Walaupun kita tidak boleh mengiris-iris pasar terlalu kecil, segmentasi pasar tetaplah suatu hal yang harus dipelajari dalam membangun usaha.
Kriteria Segmentasi
  • Dapat diukur (measurable), ukuran, daya beli, dan profil segmen dapat diukur 
  • Dapat diakses oleh saluran distribusi
  • Memberikan respon yang berbeda terhadap marketing mi
  • Bersifat stabil
  • Memiliki ukuran yang cukup besar supaya menguntungkan

·      Penentuan posisi menurut atributIni
 terjadi bila suatu perusahaan memposisikan dengan Menonjolkan atribut produk yang lebih unggul dibandingpesaingnya, seperti ukuran, lama keberadaannya, dan seterusnya.
·      Penentuan posisi menurut manfaat
 Dalam pengertian ini produk diposisikan sebagai pemimpindalam suatu manfaat tertentu.
·      Penentuan posisi menurut penggunaan atau penerapan Seperangkat nilai-nilai penggunaan atau penerapan inilah yang digunakan sebagai unsur yang ditonjolkan dibandingkan pesaingnya
·      Penentuan posisi menurut pemakai
Ini berarti memposisikan produk sebagai yang terbaik untuk sejumlah kelompok pemakai.
·      Penentuan posisi menurut pesaing
Disini produk secara keseluruhan menonjolkan nama mereknya secara utuh dan diposisiskan lebih baik daripada pesaing.
·      Penentuan posisi menurut kategori produk
Disini produk diposisikan sebagai pemimpin dalam suatukategori produk.
·      Penentuan posisi harga atau kualitas
Disini produk diposisikan sebagai menawarkan nilai terbaik

Peranan segmentasi dalam marketing :
1.   Memungkinkan kita untuk lebih fokus masuk ke pasar sesuai keunggulan kompetitif perusahaan kita.
2.   Mendapatkan input mengenai peta kompetisi dan posisi kita di pasar.
3.   Merupakan basis bagi kita untuk mempersiapkan strategi marketing kita selanjutnya.
4.   Faktor kunci mengalahkan pesaing dengan memandang pasar dari sudut unik dan cara yang berbeda.
Strategi Positioning
Manajemen pemasaran dapat dilakukan dengan beberapa strategi positioning antara lain :
·      Menekankan pada atribut produk
·      Manfaat produk
·      Kelompok pengguna
·      Menyerang pesaing

    Perilaku Konsumen

    Perilaku Konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan denganpencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.
     Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang

    Berikut factor factor yg mempengaruhi keputusan membeli
    1. 1.    Motivasi
    2. 2.    Pemahaman
    3. 3.    Persepsi
    4. 4.    Kepercayaan
    5. 5.    Integrasi
    6. 6.    Kepribadian seseorang

    Tahap – tahap proses pembelian
    1. 1.    Mengenali kebutuhan
    2. 2.    Pencarian informasi
    3. 3.    Evaluasi alternative
    4. 4.    Keputusan beli
    5. 5.    Tingkah laku pasca pembelian

    Macam – macam situasi pembelian
    1. 1.    Perilaku Responsi Rutin
    2. 2.    Penyelesaian Masalah Terbatas
    3. 3.    Penyelesaian Masalah Ekstensif

    Struktur Keputusan Membeli
    1. 1.    Keputusan tentang jenis produk : Konsumen dapat mengambil keputusan untuk membeli sebuah produk atau menggunakan uangnya untuk tujuan lain.
    2. 2.    Keputusan tentang bentuk produk : Konsumen  dapat mengambil keputusan untuk membeli bentuk produk tertentu. Keputusan tersebut menyangkut pula ukuran, mutu suara, corak dan sebagainya
    3. 3.    Keputusan tentang merek : Konsumen harus mengambil keputusan tentang merk mana yang akan dibeli. Setiap merk memiliki perbedaan-perbedaan tersendiri.
    4. 4.    Keputusan tentang penjualnya : Konsumen harus mengambil keputusan di mana produk tersebut akan dibeli, apakah pada toko serba ada, toko alat-alat listrik, toko khusus radio, atau toko lain
    5. 5.    Keputusan tentang jual produk : Konsumen dapat mengambil keputusan tentang seberapa banyak produk yang akan dibelinya pada suatu saat.
    6. 6.    Keputusan tentang waktu pembelian : Konsumen dapat mengambil keputusan tentang kapan ia harus melakukan pembelian. 
    7. 7.    Keputusan tentang cara pembayaran : Konsumen harus mengambil keputusan tentang metode atau cara pembayaran produk yang dibeli, apakah secara tunai atau dengan cicilan.
    sumber :



    Tuesday, December 20, 2011

    Proses Manajemen Pemasaran




      Proses menejemen pemasaran memberikan gambaran tentang tahapan tahapan yg dilakukan oleh pemasar dan memenuhi keinginan dan kebutuhan pasar

       Perencanaan Strategis merupakan proses manajerial untuk menghasilkan dan mempertahankan kesesuaian antara sasaran dan sumber daya organisasi dengan peluang pasar yang timbul

    Berikut tahapan/ proses manajemen pemasaran


      Proses keputusan membeli terdiri dari pengenalan kebutuhan, pencarian informasi, evaluasi alternatif, keputusan pembeli dan perilaku setelah membeli

    Proses pembelian terdiri dari  tahapan : pengenalan masalah, perumusan kebutuhan umum, spesifikasi produk, pencarian pemasok, permintaan pengajuan proposal, pemilikan pemasok , spesifikasi rutinitas pesanan dan penilaian kinerja

    STRATEGI PEMASARAN DALAM BERBAGAI POSISI PERSAINGAN


    ·         Market leader : perusahaan yang diakui oleh industri yang bersangkutan sebagai pemimpin
    ·         Strategi Market Leader
    ·         Strategi Market Challenger
    ·         Strategi Market Follower
    ·         Strategi Market Nicher

    Masalah Global dalam segmentasi dan penentuan pasar

    ·         Mendiskusikan masalah-masalah yang berkaitan dengan segmentasi dan penentuan pasar untuk perusahaan-perusahaan dibawah ini
    ·         Kasus Coca Cola
    ·         Kasus cogate-palmolive
    ·         Mc Donald
    ·         Nike   yang memasarkan produk-rpoduk yang serupa dengan menggunakan strategi pemasaran yang sama di banyak negara yang berbeda

    sumber :
    http://cai.elearning.gunadarma.ac.id/webbasedmedia/berita-112-proses-manajemen-pemasaran.html
     http://www.scribd.com/doc/12781582/Strategi-Pemasaran-Dalam-Persaingan-Bisnis