Saturday, December 24, 2011

strategi penetapan harga

 Harga merupakan satuan moneter atau ukuran lainnya (termasuk barang dan jasa) yang ditukarkan agar memperoleh hak kepemilikan atau penggunaan suatu barang atau jasa
Faktor – factor yang mempengaruhi tingkat harga
·       Kurva permintaan : kurva yg menunjukan tingkat pembelian pasar pada berbagai harga. Kurva tersebut menjumlahkan reaksi berbagai individu yg memiliki kepekaan pasar yang beragam
·       Biaya : biaya merupakan factor penting dalam menentukan harga minimal yang harus ditetapkan agar perusahaan tidak mengalami kerugian
·       Persaingan : persaingan dalam satu industri dapat di analisis dengan berbagi factor seperti jumlah perusahaan dalam industry, ukuran relative setia perusahaan, diferensiasi produk, kemudahan untuk masukdalam industry
·       Pelanggan : permintaan pelanggan berdasarkan beberapa factor yg terkait dan bahkan seringkali sulit memperkirakan hubungan antaf farktor secara akurat.
Model dasar penentuan harga dalam perusahaan
Penentuan harga dalam perusahaan didasarkan antara lain oleh bentuk pasar . berikut ini asumsi dari suatu model perusahaan yaitu :
·       Peranan terhadap harga
·       Jumlah penjual
·       Yang mendasari banyak penjual
·       Kondisi ongkos
·       Banyak pembeli
·       Kondisi permintan
·       Fungsi tujuan
·       Variable strategic
·       Harapan revisi dari pesaingnya 

No comments:

Post a Comment