Thursday, December 22, 2011

Perilaku Konsumen

Perilaku Konsumen adalah proses dan aktivitas ketika seseorang berhubungan denganpencarian, pemilihan, pembelian, penggunaan, serta pengevaluasian produk dan jasa demi memenuhi kebutuhan dan keinginan.
 Perilaku konsumen merupakan hal-hal yang mendasari konsumen untuk membuat keputusan pembelian. Untuk barang berharga jual rendah (low-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan mudah, sedangkan untuk barang berharga jual tinggi (high-involvement) proses pengambilan keputusan dilakukan dengan pertimbangan yang matang

Berikut factor factor yg mempengaruhi keputusan membeli
  1. 1.    Motivasi
  2. 2.    Pemahaman
  3. 3.    Persepsi
  4. 4.    Kepercayaan
  5. 5.    Integrasi
  6. 6.    Kepribadian seseorang

Tahap – tahap proses pembelian
  1. 1.    Mengenali kebutuhan
  2. 2.    Pencarian informasi
  3. 3.    Evaluasi alternative
  4. 4.    Keputusan beli
  5. 5.    Tingkah laku pasca pembelian

Macam – macam situasi pembelian
  1. 1.    Perilaku Responsi Rutin
  2. 2.    Penyelesaian Masalah Terbatas
  3. 3.    Penyelesaian Masalah Ekstensif

Struktur Keputusan Membeli
  1. 1.    Keputusan tentang jenis produk : Konsumen dapat mengambil keputusan untuk membeli sebuah produk atau menggunakan uangnya untuk tujuan lain.
  2. 2.    Keputusan tentang bentuk produk : Konsumen  dapat mengambil keputusan untuk membeli bentuk produk tertentu. Keputusan tersebut menyangkut pula ukuran, mutu suara, corak dan sebagainya
  3. 3.    Keputusan tentang merek : Konsumen harus mengambil keputusan tentang merk mana yang akan dibeli. Setiap merk memiliki perbedaan-perbedaan tersendiri.
  4. 4.    Keputusan tentang penjualnya : Konsumen harus mengambil keputusan di mana produk tersebut akan dibeli, apakah pada toko serba ada, toko alat-alat listrik, toko khusus radio, atau toko lain
  5. 5.    Keputusan tentang jual produk : Konsumen dapat mengambil keputusan tentang seberapa banyak produk yang akan dibelinya pada suatu saat.
  6. 6.    Keputusan tentang waktu pembelian : Konsumen dapat mengambil keputusan tentang kapan ia harus melakukan pembelian. 
  7. 7.    Keputusan tentang cara pembayaran : Konsumen harus mengambil keputusan tentang metode atau cara pembayaran produk yang dibeli, apakah secara tunai atau dengan cicilan.
sumber :



No comments:

Post a Comment