Sunday, April 21, 2013

Memenangkan Globalisasi

Apakah itu globalisasi?
Globalisasi adalah keterkaitan dan ketergantungan antar bangsa dan antar manusia diseluruh dunia melalui perdagangan, investasi, perjalanan, budaya populer dann bentuk bentuk interaksi yang lain sehingga batas batas suatu negara menjadi sempit.

Lalu untuk apa kita memenangkan Globalisasi?
Karena globalisasi di anggap dapat meningkatkan kesejahteraan dan kemakmuran ekonomi masyarakat dunia. Seperti teori yang dicetuskan oleh David Ricardo yang menyatakan bahwa suatu negara dan negara lain saling bergantung dan saling menguntungkan satu sama lainnya.
Jadi tentu dengan memenangkan globalisasi bagi negri kita sendiri dapat menguntungkan kelangsungan negri kita dimasa depan.

Apa yang harus di lakukan untuk memenangkan globalisasi?
Karena globalisasi berhubungan dengan antar negara dan antar manusia, tentu saja hal yang paling pertama harus kita lakukan adalah membuka diri dengan pengaruh positif negara luar (Pengaruh positif loh yaa bukan yang negatif! karena anak muda jaman sekarang lebih suka yang negatif dari pada positif :p ).

Mengapa harus membuka diri? Bukannya itu berarti ikut - ikutan?
ooooh tentu saja tidak! Membuka diri disini adalah menerima hal positif yang dulakukan negara negara tetangga agar negri sendiri dapat menjadi lebih baik.

Setelahitu apa yang harus dilakukan?
Melakukan kerjasama dengan negara negara yang paling tidak mempunyai pahaman yang sama dengan negri kita sendiri. Karena dengan melakukan kerjasama antar negara membuat peluang kita untuk menerima globalisasi lebih besar lagi.

Menurut saya memenangkan globalisasi untuk setiap negara itu penting. Karena sama halnya dengan manusia, nagara juga bersifat sosial yaitu tidak bisa hidup sendiri.

No comments:

Post a Comment