Wednesday, October 2, 2013

Segmentasi Pasar Dan Analisis Demografi

Pengertian Tentang Segmen Pasar
Segmen Pasar adalah bagian dari pasar secara keseluruhan. Sedangkan bagi setiap perusahaan pasar adalah orang perorangan dan atau organisasi yang membutuhkan produk mereka serta mempunyai kemampuan untuk membelinya. 
Segmen pasar terdiri dari pembeli potensial tertentu (dalam jumlah banyak) yang memenuhi kriteria - kriteria yang sama. kriteria-kriteria tersebut dapat berupa faktor demografis tertentu, tingkat tenaga beli, umur, ras, suku, gender, faktor-faktor situasi khusus dan sebagainya.


Manfaat Segmentasi Pasar :


      1. Dapat membedakan antara segmen yang satu dengan segmen lainnya.
      2. Dapat digunakan untuk mengetahui sifat masing-masing segmen.

      3. Dapat digunakan untuk mencari segmen mana yang potensinya paling besar.
      4. Dapat digunakan untuk memilih segmen mana yang akan dijadikan pasar sasaran.

     Kelemahan-kelemahan dari tindakan segmentasi itu sendiri, antara lain:
    1. Biaya produksi akan lebih tinggi, karena jangka waktu proses produksi lebih pendek.
    2. Biaya penelitian/ riset pasar akan bertambah searah dengan banyaknya ragam dan macam segmen pasar yang ditetapkan.
    3. Biaya promosi akan menjadi lebih tinggi, ketika sejumlah media tidak menyediakan diskon.
   4. Kemungkinan akan menghadapi pesaing yang membidik segmen serupa. Bahkan mungkin akan terjadi persaingan yang tidak sehat, misalnya kanibalisme sesama produsen untuk produk dan segmen yang sama.

  

      Dasar–dasar segmentasi pasar pada pasar konsumen


  • ·   Variabel Demografis : wilayah, ukuran daerah, ukuran kota dan kepadatan iklim
  •     Variabel demografi :umur, keluarga, siklus hidup, pendapatan, pendidikan, dll
  •     Variabel Psikologis : kelas sosial, gaya hidup, dan kepribadian

     Kepuasan Konsumen

   Kepuasan konsumen adalah perasaan senang atau kecewa seseorang yang berasal dari perbandingan antara kesannya terhadap kinerja ( hasil) suatu produk dengan harapannya.

     Kepuasan konsumen terbagi menjadi 2 :
    a. Kepuasan Fungsional, merupakan kepuasan yang diperoleh dari fungsi atau pemakaian suatu produk. Misal : karena makan membuat perut kita menjadi kenyang.
    b. Kepuasan Psikologikal, merupakan kepuasan yang diperoleh dari atribut yang bersifat tidak berwujud. Misal : Perasaan bangga karena mendapat pelayanan.



     Segmentasi dan profitabilitas
      Profitabilitas adalah kemampuan perseroan untuk menghasilkan suatu keuntungan dan menyokong pertumbuhan baik untuk jangka pendek maupun jangka panjang. Profitabilitas perseroan biasanya dilihat dari laporan laba rugi perseroan (income statement) yang menunjukkan laporan hasil kinerja perseroan.


      a. Tingkatkan Efisiensi Proses Produksi
         Proses produksi yang efisien akan menghasilkan penghematan. Semakin berhemat, semakin rendah pula biaya produksi. Dengan semakin rendahnya biaya produksi, maka margin keuntungan juga samakin tinggi. Terapkan prinsip-prinsip “Total Quality Management” sistem produksi Anda untuk memangkas biaya-biaya yang tidak perlu.


      b. Fokus Pada “Core Business” Terpenting Anda

         Apakah Anda sudah mengetahui apa sebenarnya Core Business di mana Anda harus menfokuskan waktu, energi dan pikiran? Jika Anda melenceng pada hal-hal yang tidak penting, maka yang sedah Anda lakukan adalah pemborosan sumberdaya yang sangat berharga, yaitu waktu Anda.

     c. Berdayakan Orang-orang Yang Berdedikasi Melalui Kepemimpinan
          Manusia adalah sumberdaya terpenting dalam organisasi Anda. Semakin tinggi tingkat penghargaan Anda pada aspek manusia, semaking tinggi pula tingkat kemampuan untuk menciptakan keberhasilan organisasi. Dengan menerapkan prinsip-prinsip kepemimpinan organisasi yang efektif, Anda akan mampu membawa organisasi Anda ke level yang lebih tinggi dan dengan tingkat profitabilitas yang tinggi pula.




     d. Pertajam Kecerdasan Organisasi
            Apakah organisasi Anda merupakan organisasi yang cerdas? Semakin cerdas organisasi, semakin tinggi pula kemampuan organisasi Anda dalam menavigasikan diri ke arah masa depan yang lebih baik. Seberapa sering Anda memberikan pelatihan-pelatihan berkualitas bagi para karyawan untuk mempertajam kemampuan mereka dalam mengelola organisasi secara lebih profesional. Semakin cerdas organisasi, semakin tinggi tingkat profitabilitas perusahaan Anda.


      e. Kompensasi Yang Sesuai
        Manusia ingin dihargai. Jika Anda membayar lebih rendah dibandingkan kemampuan dan usaha yang sudah mereka berikan bagi organisasi Anda, mereka akan merasa dirugikan. Jika mereka merasa dirugikan, maka sebaiknya Anda jangan berharap mereka akan memberikan yang terbaik bagi organisasi Anda. Jika kita melihat negara-negara yang sistem ekonominya telah maju, kita melihat bahwa sistem kompensasi yang diterapkan merefleksikan kinerja.

    3. Penggunaan segmentasi dalam strategi pemasaran
        Agar segmen pasar dapat bermanfaat maka harus memenuhi beberapa karakteristik:

  •      Measurable : Ukuran, daya beli, dan profil segmen harus dapat diukur meskipun ada beberapa variabel yang sulit diukur.
  •      Accessible : Segmen pasar harus dapat dijangkau dan dilayani secara efektif.
  •      Substantial : Segmen pasar harus cukup besar dan menguntungkan untuk dilayani
  •       Differentiable : Segmen-segmen dapat dipisahkan secara konseptual dan memberikan tanggapan yang berbeda terhadap elemen-elemen dan bauran pemasaran yang berbeda.
  •       Actionable : Program yang efektif dapat dibuat untuk menarik dan melayani segmen-segmen yang bersangkutan.
         Langkah dalam mengembangkan segmentasi yaitu:
  1.      Mensegmen pasar menggunakan variabel-variabel permintaan, seperti kebutuhan konsumen, manfaat yang dicari, dan situasi pemakaian.
  2.    . Mendeskripsikan segmen pasar yang diidentifikasikan dengan menggunakan variabel-variabel yang dapat membantu perusahaan memahami cara melayani kebutuhan konsumen tersebut dan cara berkomunikasi dengan konsumen

    Agar lebih menmahami tentang segmentasi pasar mari kita menganalisa segmentasi pasar dari PT. Bakrieland Development, Tbk


    PT. Bakrieland Development, Tbk. adalah perusahaan publik (kode: ELTY) terlibat dalam pengembangan properti dan infrastruktur terkait properti. Perusahaan ini adalah yang pertama dan superblok terbesar (53,5 Ha) pengembang di Jakarta (city property) dan juga telah mendarat perumahan dan hotel & resort proyek yang semuanya terletak di daerah utama.

    Bakrieland memiliki wilayah pengembangan terbesar dan land bank terbesar di Distrik (CBD) Jakarta prima Central Business. Kapitalisasi pasarnya juga merupakan salah satu yang terbesar di antara pengembang properti yang terdaftar di Bursa Efek Indonesia.


     Dari profil di atas mari kita mencari segmentasi dari perusahaan tersebut. 


     Menurut dasar dasar segmentasi pasar pada konsumen pertama perusahaan akan melihat :

    1.Variable Geografi

       Variable geografi untuk perusahaan Bakrie lebih ke daerah utama seperti kota kota besar dan ibu kota.

    2 .Variable Demografi
   Untuk variable demografi perusahaan bakrie, perusahaan lebih mengarahkan arah bisnis mereka ke variable seperti keluarga yang penghasilannya menengah ke atas dan para investor yang lebih suka menginvestorkan hartanya untuk barang property

    3.Variabel Psikologis
      Untuk variable ini perusahaan bakrie mengarahkan bisnisnya ke konsumen yang berkelas dan mempunyai gaya hidup mewah. Mengapa demikian? Karena dalam variable psikologis para konsumen dengan karakter tersebut mempunyai status social yang tinggi dan lebih mengedepankan manfaat, kesetiaan dan sikap pada produk. 

No comments:

Post a Comment