Thursday, December 22, 2011

Segmentasi Pasar, Penentuan Pasar dan Pemosisian Pasar


Segmentasi Pasar adalah sebuah metode bagaimana memandang pasar secara kreatif. Segmentasi pasar sangatlah penting di dalam bisnis dan pemasaran. Walaupun kita tidak boleh mengiris-iris pasar terlalu kecil, segmentasi pasar tetaplah suatu hal yang harus dipelajari dalam membangun usaha.
Kriteria Segmentasi
  • Dapat diukur (measurable), ukuran, daya beli, dan profil segmen dapat diukur 
  • Dapat diakses oleh saluran distribusi
  • Memberikan respon yang berbeda terhadap marketing mi
  • Bersifat stabil
  • Memiliki ukuran yang cukup besar supaya menguntungkan

·      Penentuan posisi menurut atributIni
 terjadi bila suatu perusahaan memposisikan dengan Menonjolkan atribut produk yang lebih unggul dibandingpesaingnya, seperti ukuran, lama keberadaannya, dan seterusnya.
·      Penentuan posisi menurut manfaat
 Dalam pengertian ini produk diposisikan sebagai pemimpindalam suatu manfaat tertentu.
·      Penentuan posisi menurut penggunaan atau penerapan Seperangkat nilai-nilai penggunaan atau penerapan inilah yang digunakan sebagai unsur yang ditonjolkan dibandingkan pesaingnya
·      Penentuan posisi menurut pemakai
Ini berarti memposisikan produk sebagai yang terbaik untuk sejumlah kelompok pemakai.
·      Penentuan posisi menurut pesaing
Disini produk secara keseluruhan menonjolkan nama mereknya secara utuh dan diposisiskan lebih baik daripada pesaing.
·      Penentuan posisi menurut kategori produk
Disini produk diposisikan sebagai pemimpin dalam suatukategori produk.
·      Penentuan posisi harga atau kualitas
Disini produk diposisikan sebagai menawarkan nilai terbaik

Peranan segmentasi dalam marketing :
1.   Memungkinkan kita untuk lebih fokus masuk ke pasar sesuai keunggulan kompetitif perusahaan kita.
2.   Mendapatkan input mengenai peta kompetisi dan posisi kita di pasar.
3.   Merupakan basis bagi kita untuk mempersiapkan strategi marketing kita selanjutnya.
4.   Faktor kunci mengalahkan pesaing dengan memandang pasar dari sudut unik dan cara yang berbeda.
Strategi Positioning
Manajemen pemasaran dapat dilakukan dengan beberapa strategi positioning antara lain :
·      Menekankan pada atribut produk
·      Manfaat produk
·      Kelompok pengguna
·      Menyerang pesaing

    No comments:

    Post a Comment