Sunday, January 1, 2012

strategi promosi dan pendanaan




Pengertian komunikasi pemasaran : sarana yang di gunakan pearusahaan dalam upaya untuk menginformasikan, membujuk dan meningatkan konsumen baik secara langsung maupun tidak langsung tentang produk yang mereka jual.

Pentingnya komunikasi selektif
Komunikasi adalah proses penyampaian pesan  yang merupakan gagasan atau informasi pengirim melalui suatu media kepada pihak penerima agar mampu memahami maksud pengirim. Tiga unsur pokok dalam struktur proses komunikasi adalah : pelaku komunikasi,material komunikasi, dan proses komunikasi itu sendiri.

Agar komunikasi pemasaran efektif ,perlu dipertimbangkan :
1.       Penetapan tujuan  dan respons komunikasi
2.     Penentuan sasaran komunikasi
3.      Rancangan pesan dan  media komunikasi
4.     Pengembangan promotional mix
5.     Penyusunan anggaran
6.     Evaluasi dan pengendalian komunikasi



Periklanan adalah segala bentuk penyajian dan promosi ide, barang, atau jasa secara non-personaloleh suatu sponsor tertentu yang memerlukan pembayaran.

Periklanan adalah suatu alat penting yang digunakan oleh perusahaan untuk melancarkankomunikasi persuasif terhadap pembeli dan masyarakat yang di targetkan

Penjualan Tatap Muka
Penjualan tatap muka adalah kegiatan mempromosikan suatu produk dengan cara mendatangi ke tempat konsumen berada, oleh seorang wiraniaga/salesperson. Dengan adanya kontak langsung antara wiraniaga dan konsumen, maka terjadilah komunikasi dua arah.

Penjualan perseorangan termasuk alat yang efektif dalam hal biaya, membantu proses pembelian lebih lanjut, membangun preferensi, keyakinan, dan tindakan pem¬beli. Penjualan personal, memiliki tiga ciri khusus yaitu:
a.Konfrontasi perseorangan: Penjualan perseorangan mencakup hubungan yang hidup, lang¬sung dan interaktif antara dua orang atau lebih. Masing-masing pihak dapat mengobservasi reaksi dari pihak lain dengan lebih dekat, terjadi kontak langsung sehingga memungkinkan terjadinya sebuah dialaog antara penjual dan pembeli.

b.Mempererat: Penjualan perseorangan memungkinkan timbulnya berbagai jenis hubungan mulai dari hubungan penjualan sampai hubungan persahabatan sehingga memungkinkan adanya hubungan yang dekat antara penjual dan pembeli.

c.Tanggapan: Penjualan perseorangan membuat pembeli merasa berkewajiban untuk mendengarkan apa yang disampaikan oleh penjual sehingga memungkinkan adanya sebuah tanggapan langsung.

Contoh pihak pelaku usaha kecil yang melakukan personal selling adalah penjual pakaian, penjual sepatu, penjual klontongan, sales-sales yang menjual barang secara keliling dan lain-lainya.

promosi penjualan yang dilakukan oleh penjual dapat dikelompokkan berdasar tujuan yang ingin dicapai. Pengelompokan tersebut adalah sebagai berikut :
1. Customer promotion, yaitu promosi yang bertujuan untuk mendorong atau merangsang pelanggan untuk membeli.
2. Trade promotion, yaitu promosi penjualan yang bertujuan untuk merangsang atau mendorong pedagang grosir, pengecer, eksportir dan importir untuk memperdagangkan barang / jasa dari sponsor.
3. Sales-force promotion, yaitu promosi penjualan yang bertujuan untuk memotivasi armada penjualan.
4. Business promotion, yaitu promosi penjualan yang bertujuan untuk memperoleh pelanggan baru, mempertahankan kontrak hubungan dengan pelanggan, memperkenalkan produk baru, menjual lebih banyak kepada pelanggan lama dan mendidik pelanggan.
Namun yang jelas apapun jenis kebutuhan yang akan diprogramkan untuk dipengaruhi, tetap pada perencanaan bagaimana agar perusahaan tetap eksis dan berkembang. Apalagi jika perusahaan tersebut mempunyai lini produk lebih dari satu macam.

Pemasaran langsung
 adalah bentuk promosi dengan cara memasarkan barang/jasa secara langsung agar mendapat tanggapan secara langsung juga dari para konsumen. Pemasaran langsung tidak harus bertatap muka secara langsung tetapi pemasaranya ditujukan secara langsung kepada seseorang. Pemasaran langsung ini bisa melalui penggunaan surat, telepon, faksimil, e-mail, dan alat penghubung nonpersonal lain untuk berkomunikasi secara langsung dengan atau mendapatkan tanggapan langsung dari pelanggan dan calon pelanggan tertentu



sumber :